Beranda > Linux > TENTANG OPEN SOURCE

TENTANG OPEN SOURCE

PENGERTIAN OPEN SOURCE

Open source adalah software yang membebaskan source codenya untuk dilihat orang lain dan membiarkan orang lain mengetahui cara kerja software tersebut. Orang lain juga bisa memperbaiki kelemahan yang ada pada software tersebut. Dan salah satu keunggulannya adalah bahwa Open source dapat diperoleh dan digunakan secara gratis tanpa perlu membayar lisensi. Biasanya orang mendapatkan software ini dari internet.

Keberadaan open source software ini sangat ditunjang oleh internet. Mula-mula Open source diambil dari internet kemudian digunakan oleh orang dan diperbaiki apabila ada kesalahan. Hasil perbaikan dari open source ini kemudian dipublikasikan kembali melalui internet. Saat ini sangat mudah mendapatkan open source software di internet.

Pengembangan open source software melibatkan banyak orang dari berbagai penjuru dunia yang berinteraksi melalui internet. Maka bermunculanlah berbagai macam software yang dibuat berbasis open source ini yang dipublikasikan melalui internet. Pola open source ini telah melahirkan developer-developer handal dari berbagai penjuru dunia.

Free software disini juga bukan program kacangan. jangan beranggapan bahwa barang yang diperoleh  gratis, jelek kualitasnya. Karena sudah terbukti kehandalannya. Karena free software berbasis open source telah melalui proses perbaikan yang terus menerus.

 

KEUNTUNGAN OPEN SOURCE

  • Tersedianya source code dan hak untuk memodifikasi, dengan tersedianya source code memungkinkan pengembangan software tersebut dan pengembangan kreativitas dari orang yang memodifikasi software tersebut. Dengan adanya source code kita bisa melihat kekurangan dan memperbaikinya.
  • Free, untuk mendapatkan software open source sangatlah mudah karena, software  dapat diperoleh dan digunakan secara gratis tanpa perlu membayar lisensi.
  • Hak untuk menyebarluaskan software yang telah dirubah. Mengijinkan suatu program yang telah dirubah untuk di sebarluaskan kepada komunitas yang lebih besar
  • Lebih aman, Dikarenakan sifatnya yang souce codenya bisa dilihat, maka produk open source dapat dikembangkan oleh siapa pun. Secara umum memang open source memiliki potensi untuk lebih aman meskipun dia tidak terjadi secara otomatis.

 

KEKURANGAN OPEN SOURCE

  • Tidak adanya jaminan pengembangan dari suatu software . Meskipun pengembangannya berlanjut mungkin hanya sementara, jika software tersebut lagi banyak yang tertarik. Jika sudah tidak tertarik mungkin software tersebut tidak akan berkembang  atau tidak dipakai
  • Banyak masalah tentang hak paten dari suatu software dan algoritma Kebanyakan orang masih menganggap bahwa source code merupkan aset yang harus dijaga. Hal ini dikaitkan dengan besarnya usaha yang dikeluarkan untuk membuat produk tersebut.
  • Kurangnya Sumber Daya Manusia (SDM) yang dapat memanfaatkan open source. Masih banyak orang yang  tidak dapat menggunakan open source.
  • Adanya masalah eksistensi dan status. Sangat sedikit yang mempromosikan produknya pada software open source. Masalah kurangnya pelayanan support dan yang lainnya, sangat penting bagi pengguna awam sehingga menguragi ketertarikan akan produk open source

 

CONTOH SOFTWARE OPEN SOURCE

LINUX

Linux adalah sebuah program open source yang gratis di bawah lisensi GNU dan dapat dipakai pada berbagai macam platform perangkat keras. Karena sifatnya yang open spurce, Linux berkembang sangat cepat, karena source code bisa diperoleh secara Cuma Cuma. Linux tidak terkait dengan vendor, bahkan untuk bug fixes. Secara teknikal Linux bukanlah UNIX, hanya cara operasinya yang seakan UNIX.

Linux saat ini, bisa digunakan untuk jaringan, pengembangan software, dan untuk pekerjaan sehari-hari. Kebebasan bagi programmer dan administrator jaringan dalam menggunakan linux, adalah kebebasan memperoleh kode sumber (source code) dan mengubahnya sesuai keinginan. Hal ini berimplikasi pada beberapa hal penting, yaitu : keamanan dan dinamika. Karena sifatnya yang kompatible dengan UNIX maka linux dapat berinteraksi dengan sistem operasi lain seperti windows, Macintosh, netware dan lain-lain

Mozilla FireFox

MozillaFirefox adalah salah satu perangkat lunak open-source yang paling banyak digunakan di antara pengguna rumahan. Karena Mozilla termasuk sebuah browser web yang kecil, cepat, dan simpel. Mozzila juga dapat dikembangkan Contohnya pada versi 2.0, Mozilla mempunyai kelemahan yaitu akan crash jika membuka halaman Web yang sangat besar dan memiliki JavaScript, namun hal ini telah diperbaiki. karena Mozilla bersifat open source maka kekurangan seperti diatas dapat diperbaiki dan dikembangkan.

Joomla

Joomla adalah sebuah Content Management System (CMS) yang dibuat menggunakan bahasa PHP (PHP Hypertext Processor). Dengan joomla orang bisa membuat sebuah web secara cepat dengan beberapa fitur yang sangat kompleks. Tapi Joomla dapat berfungsi dengan baik jika didukung oleh program aplikasi lain seperti: Apache (sebagai web server), PHP (sebagai penterjemah kode) , dan MySQL (sebagai database).

Apache

Apache merupakan turunan dari web server yang dikeluarkan oleh NCSA yaitu NCSA HTTPd sekitar tahun 1995. Pada dasarnya Apache adalah “A PAtCHy” (patch) dan pengganti dari NSCA HTTPd.

Open Office.org

Open Office.org merupakan perangkat lunak yang termasuk open sorce kare siapapun dapat mengaksess kode sumbernya dan dapat merubah kode sumbernya. OpenOficce.org bisa digunakan dengan sistem operasi windows dan linux

 

 

 

 

 

 

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s