Beranda > Tips n Trik > Mematikan Autoplay USB-Flashdisk/CD pada Windows

Mematikan Autoplay USB-Flashdisk/CD pada Windows

Removable drive memang sudah menjadi sumber penularan virus-virus komputer terpopuler di Indonesia. Anda mungkin sudah berusaha menginstall anti virus terbaru, tercanggih dan termahal tapi tetap saja setiap hari ada ribuan virus diciptakan oleh BADGUYS. Bagi para teknisi komputer, mungkin Anda sudah berusaha untuk menghilangkan virus komputer, mengembalikan environment windows back to normal, tapi hasil karya Anda itu mungkin akan hilang sudah ketika 1-2 hari kemudian user komputer tersebut mencolokkan ush-flashdisk berisi virus.
Oleh karena itu, mungkin yang dapat kita lakukan adalah mematikan fasilitas autorun dari removable drive. Bagi yang belum tau, autorun atau autoplay adalah fasilitas windows yang secara otomatis akan menjalankan file script bernama autorun.inf di flashdisk/CD anda. Nah, biasanya file autorun itulah yang disisipi perintah untuk menjalankan file virus yang sebenarnya.

Ada 3 cara yang dapat dilakukan untuk mematikan autorun windows… (kebetulan yang saya gunakan windows XP). Dari mulai yang tergampang sampai yang ‘hardcore’ urutannya sebagai berikut :
1. Menggunakan software tweakUI
2. Menggunakan group policy editor
3. Mengedit langsung registry menggunakan regedit.
Menggunakan software TweakUI mungkin merupakan cara paling mudah dan user-friendly, tapi tidak paling ‘murah’. Software tersebut harus di instal dulu ke komputer kita, karena tidak tersedia dalam CD master windows. Sementara, mengedit langsung ke registry tidak direkomendasikan untuk awam karena tidak ‘user-friendly’ dan dapat membahayakan sistem. So, cara kedua lah yang kita mau bahas di sini..

Cara ini sebenarnya cukup gampang kok. Klik start lalu Run lalu ketik gpedit.msc lalu tekan Enter atau OK.

Di jendela Group Policy tersebut, carilah Computer Configuration, lalu masuk ke Administrative Templates, dan dilanjutkan ke System. Nanti di jendela sebelah kanan cari setting yang berjudul Turn off Autoplay.

Dobel klik setting tersebut, lalu pilih Enabled. Pada opsi “Turn off Autoplay on: “, pilih All drives.

Setelah beres tekan OK.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s